MAKASSAR– Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, menjadi tuan rumah Forum Dekan Dakwah dan Komunikasi (Fordakom) ke-II, Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN), yang digelar di Auditorium Kampus II UINAM, Jalan HM Yasin Limpo, Gowa, Kamis (16/6/2022).

Baca juga: Bahas Syekh Yusuf Al Makassari, FDK UIN Alauddin Hadirkan 5 Pembicara dari Luar Negeri

Adapun tema pada kegiatan Fordakom ke-II yaitu ‘Dakwah Berwawasan Moderasi Beragama Upaya Penguatan Outcome-Based Education’.

Ketua Panitia Fordakom PTKIN, Irwan Misbach, mengatakan, forum dekan ini merupakan wadah komunikasi para Dekan Dakwah untuk salin bertukar pengalaman dan pikiran. Dan Forum ini sudah lama di bentuk.

“Sebenarnya sudah lama forum dekan ini. Cuman memang baru tahun kemarin dibentuk secara formal seperti sekarang,” ujarnya.

Setalah melakukan pembukaan Fordakom PTKIN, acara yang akan dilaksanakan adalah seminar Internasional. Yang dimana terdapat delapan pembicara lintas negara yang dihadirkan.

Lanjutnya, Irwan mengatakan pokok pembahasan pada seminar internasional ini adalah tentang dakwah serta ulama asal Gowa yakni Syekh Yusuf Abul Mahasin Tajul Khalwati Al-Makasari Al-Bantani.

“Mereka memaparkan tentang sosok Syekh Yusuf,” ujarnya.

Diketahui yang menjadi pemateri pada seminar internasional adalah, Mohammad Fowz Hendric dari Afrika Selatan, Phaisan Toryib dari Thailand, Yusuf Khalid dari Brunei Darussalam, dan Asemeh Chasemi dari Iran.

Empat pembicara lainnya berasal dari Indonesia, mereka Prof Nabilah Lubis, Prof Mustari Mustafa, Prof Azyumardi Azra, dan Ahmad Baso.

Kegiatan ini dihadiri sebanyak 269 peserta, 33 di antaranya merupakan dekan fakultas dakwah dan komunikasi.

Baca Juga : Gelar Pelatihan Manajemen Bantuan Kube, Ini Harapan Sekda Lutra